RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
DISUSUN OLEH :
VINNA PATRIANA, S.Pd
SATUAN PENDIDIKAN :
KB
MELATI
TEMA : KEBUTUHAN KU
SUB
TEMA : MAKANAN (DONAT)
KELOMPOK :
B
SEMESTER
:
1 (SATU)
HARI/TANGGAL : JUMAT / 20 September 2019
WAKTU :
08.00 – 10.00 WIB
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
ajaran agama yang dianut.
2. Memiliki
perilaku hidup sehati, rasa ingin tahu, kratif, estetis, percaya diri,
disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleransi kepada orang lain,
mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati, dan santun dalam berinteraksi
dengan keluarga, pendidik, dan teman.
3.
Mengenali
diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni dan
budaya di rumah, tempat bermain, dan satuan PAUD dengan cara pendekatan
saintifik.
4. Menunjukkan
yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
§
KI-1.
(NAM) :
1.1.Menpercayai adanya Tuhan melalui ciptaan – Nya
§
KI-2.
(SOSEM) :
2.9.Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta
bantuannya
§
KI-3.
(BAHASA) :
3.6.Mengenal
benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya)
§
KI-3.
(KOGNITIF) :
3.5.Mengetahui
cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku
kreatif
§
KI-4.
(FISIK MOTORIK) :
4.3. Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
§
KI-5.
(SENI) :
4.7.
Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial dalam
bentuk bernyanyi
C.
INDIKATOR
(NAM)
-
Berdoa
sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
(SOSEM)
-
Bekerja
sama dalam menghias donat dengan memberikan topping pada donat donat bersama
teman
(BAHASA)
-
Menceritakan
langkah-langkah menghias donat menurut bahasa nya sendiri
(KOGNITIF)
-
Menghitung jumlah donat.
(FISIK MOTORIK)
-
Menghias
donat dengan cara mencampur, mengoleskan mentega, serta memberikan topping pada
donat.
(SENI)
-
Membuat
kolase donat
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan berdoa sebelum dan sesudah belajar anak dapat terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
- Dengan bekerja sama dalam menghias donat dengan memberikan
topping pada donat anak dapat menghias
donat secara bersama-sama dengan temannya
- Dengan menceritakan langkah-langkah menghias donat menurut
bahasanya sendiri anak dapat mengingat serta menerapkannya di dalam kehidupan
sehari-hari
- Dengan menghitung jumlah donat yang ada ,dll anak dapat berhitung dengan benar
- Dengan
menghias donat dengan cara mencampur, mengoleskan mentega, serta memberikan
topping pada donat anak dapat melatih koordinasi tangannya guna persiapan
sekolah
-
Dengan
membuat
kolase donat anak dapat
mengekspresikan perasaannya.
F. STRATEGI
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model
Pembelajaran : Inkuiri
3.
Metode :
Ceramah, Praktek langsung, Demonstrasi,
Tanya
Jawab dan Unjuk Kerja
- KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Kegiatan
Awal (± 15 menit)
·
Guru menyiapkan alat peraga untuk
pembelajaran hari ini.
·
Bel masuk berbunyi, anak-anak berbaris
di depan kelas dan menyanyikan lagu lonceng berbunyi”.
·
Anak masuk ke dalam kelas dan bersalaman
dengan guru.
·
Berdoa dan membaca surat-surat pendek,
Surat Al-Fatihah, Doa mau belajar, dan Doa kedua orang tua
·
Guru mengecek kehadiran anak.
·
Apersepsi
Guru bertanya siapa yang sudah makan pagi
ini?
·
Motivasi
Guru
bertanya kepada anak : “ayo,
kalau sudah sarapan tadi makan apa saja yah?”
·
Guru menuliskan tanggal, hari, dan tahun
serta tema yang akan disampaikan
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan
Inti (± 30 menit)
·
Guru menunjukkan gambar macam-macam makanan
·
Guru menjelaskan fungsi makanan
·
Guru
menjelaskan jenis-jenis makanan yang sehat dan tidak sehat
·
Guru mengajak anak untuk meghitung
berapa banyak gambar yang ada pada
papan tulis
·
Guru menunjukkan gambar donat
·
Guru membagikan kertas origami kepada
anak dan memberi potongan kertas kecil-kecil untuk mengkolase
·
Guru
menjelaskan ciri-ciri donat (Berbentuk bulat, mempunyai ruang kosong di tengah,
mempunyai rasa manis, dan memiliki berbagai topping di atas nya
Istirahat
(± 30
menit)
·
Anak bermain di luar kelas.
·
Sebelum bermain anak-anak berbaris
sambil bernyanyi lagu “Sebelum Kita Makan”.
·
Cuci tangan.
·
Membaca doa sebelum makan, “Allahumma
baariklanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa’adzaabannari”.
·
Makan bersama.
·
Membaca doa sesudah makan,
“Alhamdulillhahil ladzi ath’amanaa wasaqaanaa waja’alanaa minal mislimiina”.
Penutup (± 30 menit)
·
Guru
bertanya jawab dengan anak tentang pelajaran yang telah diberikan
tentang fungsi makanan, jenis-jenis makanan, langkah-langkah
menghias donat
·
Guru
merangkum dan mengembangkan materi pembelajaran.
·
Guru
memberi kesempatan untuk bertanya kepada anak.
·
Guru
mengevalusi pembelajaran.
·
Guru
memberikan tindak lanjut.
·
Berdoa
sebelum pulang.
·
Bernyanyi
lagu Pulang
·
Salam
dan pulang.
- MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. MEDIA
·
Origami
·
Gunting
·
Spidol
2. ALAT DAN BAHAN
·
Mangkuk &
Piring
·
Sendok
·
Donat polos
·
Gula halus
3. SUMBER
·
Permendikbud
No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
·
Permendikbud
No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional
Pendidikan Anak
Usia Dini
·
Buku Majalah TK Kelompok B
- EVALUASI (PENILAIAN)
- Prosedur penilaian :
-Pre test (tidak dilaksanakan)
-Proses
-Post test
- Jenis penilaian : - tes lisan
- tes tulisan
- tes perbuatan
- Bentuk penilaian :
Catatan Menyeluruh
MENGHIAS DONAT KESUKAANKU
Alat :
§
Mangkuk &
Piring
§
Sendok
Bahan :
§
Donat polos
§
Gula halus
Cara kerja :
1.
Siapkan terlebih dahulu alat dan
bahannya.
2.
Sediakan donat yang masih polos belum ada topping nya
3.
Lalu ambil 1 buah
donat dan masukkan ke dalam mangkuk yang berisi gula halus, aduk donat hingga
tercampur secara merata dengan gula halus
4.
Setelah
tercampur angkat donat dan letakkan di piring
5.
Donat siap di
makan
Perincian Biaya
No
|
Nama Barang
|
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Total Harga
|
1.
|
Donat
|
10 donat
|
Rp 1000
|
Rp 10.000
|
2.
|
Gula halus
|
1 bungkus
|
Rp 5.000
|
Rp 5.000
|
3.
|
Mentega
|
1 bungkus
|
Rp 5.000
|
Rp 5.000
|
4.
|
Messes cerres
|
2 bungkus
|
Rp 6.500
|
Rp 13.000
|
Jumlah
|
Rp 33.000
|
Sumber
·
Buku
IPA kelas 2 SD Penerbit Erlangga 2006
·
Buku
Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak
No comments:
Post a Comment