Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Vinna Patriana Salam Literasi Diagonal Select - Hello Kitty 2

Friday, November 23, 2018

RPP PAUD Tema Kebutuhanku Sub Tema Minuman Sehat

“RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN”
KEBUTUHANKU
“MINUMAN SEHAT”


DISUSUN OLEH :
VINNA PATRIANA, S.Pd  


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : TK Srijaya Negara
Tema/Sub-tema           : Kebutuhan / Minuman Sehat (Susu)
Kelompok Usia           : 5 - 6 Tahun
Kelas/Semester            : B / 1 (Ganjil)
Hari/Tanggal               : Kamis / 09 Juni 2016
Alokasi Waktu            : 08.00 WIB - 10.00 WIB (120 menit)

A. KOMPETENSI INTI

KI-1    Menerima ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri,                                     disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu                             menyesuaikan diri, tanggungjawab, jujur, rendah hati dan santun dalam  berinteraksi dengan                keluarga, pendidik, dan teman.
KI-3    Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi,                                  seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara:  mengamati dengan           indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);  menanya; mengumpulkan informasi;            menalar, dan mengomunikasikan melalui  kegiatan bermain.
KI-4    Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencermin kan perilaku anak berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR

1.2.      Menghargai diri sendiri orang lain, dan lingkungan sebagai rasa syukur kepada       Tuhan.
2.12.    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab.
3.6.      Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat,               v                     suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya).
4.3.      Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus.
4.5.      Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
4.8.    Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh.

INDIKATOR
·      Nilai Agama dan Moral
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
·      Sosial Emosional
Menyusun kembali alat-alat yang digunakan setelah membuat Susu secara bersama-sama.
·      Bahasa
Menjelaskan ciri-ciri dari minuman sehat (Air Putih, Susu, dan Teh).
·      Kognitif
Memasangkan gambar minuman sehat (Jus, Air Kelapa, Jamu, Madu ) dengan angka pasangannya yang sesuai.
·      Fisik Motorik
Mencampur bahan-bahan saat membuat Susu Jelly.
·      Seni
Mewarnai gambar “Gelas minuman”


D. TUJUAN
·      Nilai Agama dan Moral
Dengan membaca doa sebelum dan sesudah kegiatan, anak dapat membaca doa sebelum dan sesudah kegiatan dengan benar.
·      Sosial Emosional
Dengan menyusun kembali alat-alat yang digunakan saat membuat Susu secara bersama-sama, anak dapat menunjukkan sikap tanggung jawab.
·      Bahasa
Dengan mendengarkan cerita dari guru tentang masing-masing ciri minuman sehat (Teh, Air Putih dan Susu), anak dapat menceritakan kembali masing-masing ciri minuman sehat (Teh, Air Putih dan Susu) dengan tepat.
·         Kognitif
Dengan menghitung gambar minuman sehat (Jus, Air Kelapa, Jamu, Madu ), anak dapat memasangkan gambar minuman sehat dengan lambang bilangannya dengan benar.
·      Fisik Motorik
Dengan mencampur bahan-bahan saat membuat susu, anak dapat membuat minuman sehat Susu Jelly.
·      Seni
Dengan mewarnai gambar “Gelas minuman”, anak dapat mewarnai gambar dengan rapi.



F.     PENDEKATAN, MODELM DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan : Saintifik
2.      Model Pembelajaran : Berbasis masalah, berbasis proyek
3.      Metode  : Ceramah, pemberian tugas, diskusi kelompok (groupwork),  tanya jawab.

G. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

·         Kegiatan awal (20 Menit)

        Guru menyiapkan alat peraga untuk pembelajaran hari ini
        Bel masuk berbunyi, anak-anak baris di depan kelas
        Bernyanyi “Neng-neng” dan bersalaman dengan guru sebelum masuk kelas
     Doa sebelum memulai belajar (Robbii zidnii ‘ilma warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minasha-shaalihiin) artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, dan berilaku aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang saleh”.
        Guru mengecek  kehadiran siswa
Apersepsi
Siapa yang tadi pagi sebelum berangkat sekolah sarapan dulu?
Sarapan apa yah?
Setelah sarapan agar anak-anak tidak haus, anak anak ngapain yah setelah makan?
Minum apa saja tadi pagi?
        Guru mengajak anak menyanyikan lagu “Suka Minum Susu”
        Guru menuliskan hari, tanggal dan tahun, serta tema yang akan disampaikan
        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Kegiatan inti (60 menit)
        Guru menunjukkan gambar minuman sehat(Jus, Air Kelapa, Jamu, Madu ))
        Guru mengajak anak untuk menghitung jumlah masing-masing gelas minuman sehat
        Anak bersama-sama menghitung jumlah masing-masing gelas minuman sehat
        Guru menunjukkan minuman sehat lainnya (Air Putih, Susu, dan Teh)
        Guru mengajak anak untuk mengamati Air Putih, Susu, dan Teh
        Guru menjelaskan masing-masing manfaat minuman sehat
        Guru mempersilahkan anak untuk maju ke depan kelas untuk menjelaskan ciri-ciri masing-masing minuman sehat (Air Putih, Susu, dan Teh)
        Guru mengajak anak membuat minuman susu jelly secara berkelompok
        Anak membentuk kelompok dan mengikuti arahan guru untuk membuat Susu Jelly   

 Cara Membuat Susu Jelly  
·  Siapkan gelas dan susu kental manis yang telah di buka dari kalengnya
·  Masukkan 5 sendok susu rasa vanila pada gelas
·  Tuangkan air secukupnya
·  Aduk secara merata hingga semua bagian tercampur menggunakan sendok
·  Masukkan potongan jelly   yang telah disiapkan
·  Aduk kembali hingga merata
 







        Anak membuat minuman Susu Jelly  dalam pengawasan guru
        Setelah selesai membuat susu anak dipersilahkan untuk meminum Susu Jelly  
        Guru mengajak anak untuk menyusun kembali alat-alat yang digunakan saat membuat susu
        Guru mempersilahkan anak untuk menceritakan pengalaman membuat susu ke depan kelas
        Guru memberi penguatan
        Guru memberikan lembaran lkpd mewarnai gambar “Gelas minuman”

·         Istirahat (30 menit)
        Anak mencuci tangan
        Berdoa sebelum makan
        Makan bersama
        Bermain

·         Penutup (10 menit)
     Guru bertanya jawab dengan anak tentang pelajaran yang telah diberikan
     Guru merangkum dan mengembangkan materi pembelajaran
     Guru memberi kesempatan untuk bertanya kepada anak
     Guru mengevalusi pembelajaran
     Guru memberikan tindak lanjut




      Doa sesudah belajar (Allahumma innii istaudi’uka maa allamtahiihi fardudhu ilayya ‘inda haajati ilaihi walaa tansaniihi ya robbal ‘aalamiin) Artinya :“Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah kau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya. Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hal Tuhan yang memelihara alam”. 

Berdoa mau pulang
     Bernyanyi
     Salam
     Persiapan pulang

H. MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR

Media

·         Gambar Macam-Macam Minuman
·         Minuman sehat (Air Putih, Susu, dan Teh)
Alat dan bahan
·  Gelas
·  Sendok
·  Pipet
·  Susu Kaleng rasa vanila 
·  Nutrijell
·  Air
Sumber
·         www.google.com
·         Permendikbud No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
·           Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini


I.                   EVALUASI dan PENILAIAN

      Prosedur penilaian       : - Pretes (tidak dilaksanakan)
  - Proses
  - Postes
 Jenis penilaian            : - tes lisan
        - tes perbuatan
Bentuk penilaian         : - Catatan menyeluruh

Alat Penilaian (catatan anekdot)

BAHAN AJAR

A.    LAGU
Lagu “Suka Minum Susu”
Karya : Kak Zepe


GIGI SEHAT, TULANG KUAT
KARENA MINUM SUSU
TUBUH SEGAR, OTAK PINTAR
KARENA MINUM SUSU

RASA STROWBERRY, VANILA,  
SEMUA AKU SUKA
SETIAP HARI
KU MINUM SUSU
TAK PERNAH LUPA


B.     URAIAN MATERI
Minuman sehat adalah sejenis zat yang berbentuk cair yang memiliki kandungan optimal yang baik, jernih, yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Air Putih
Air Putih adalah minuman yang murah meriah, bergizi, simple, tidak berasa,  juga nikmat.

Manfaat Air Putih
·         Memperlancar sistem pencernaan.
·         Menghilangkan dehidrasi / haus.
·         Membuat tubuh lebih berenergi.
·         Menyehatkan jantung.
·         Membuat tubuh lebih bugar

Ciri-ciri Air Putih
·         Jernih
·         Bersih
·         Tidak berbau
·         Tidak berasa
·         Tidak berwarna
·         Biasanya dimasak terlebih dahulu

Susu
Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia , salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Adapula susu yang dihasilkan oleh binatang ternak, misalnya sapi, kerbau, kambing dan ada pula yang mempergunakan air susu unta atau kuda.

Manfaat Susu
·         Menguatkan tulang dan gigi.
·         Membantu pertumbuhan anak.
·         Memberikan energi pada tubuh.
·         Meningkatkan kecerdasan.
·         Dapat meningkatkan pertumbuhan otak.

Ciri-ciri susu
·         Berasal dari mamae dan hewan
·         Mempunyai rasa manis
·         Mempunyai warna putih, serta pink
·         Mempunyai berbagai varian rasa (vanila, coklat, dan strowberry)

Teh
Teh adalah minuman yang dihasilkan dari pengolahan daun teh yang di fermentasi  (proses oksidasi) yang di bantu oleh oksigen yang ada di udara


Manfaat Teh
· Meningkatkan kesehatan gigi.
· Meningkatkan pertumbuhan tubuh.
· Melindungi tulang.
· Menghilangkan stres
Ciri-Ciri Teh
· Berwarna kuning kecoklatan.
· dibuat secara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yg dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis (teh celup) dgn air panas. 





2 comments:

  1. Hai Gan... Artikel Yang Sangat Bagus dan Memberikan Informasi Yang Bermanfaat..^^
    Terima Kasih^^
    Dan Mohon Untuk Izin Comment yah Gan^^

    Bandar Togel Online & Darat
    - Bonus New Member 20%
    - Bonus Harian 5%
    - Maks Bonus Rp 25.000
    - TANPA BATASAN LINE
    - CashBack 5%
    - Referral 1%
    - Link ALT : ebototo.xyz
    WA : +6283175557499

    Dilengkapi Dengan Berbagai Transaksi :
    - BCA
    - BRI
    - BNI
    - MANDIRI
    - CIMB
    - PERMATA BANK
    - GOPAY
    - OVO
    - PULSA TELKOMSEL
    - PULSA XL

    prediksi togel
    prediksi togel singapore
    prediksi togel hongkong
    prediksi togel sydney
    prediksi togel hari ini
    keluaran togel hari ini

    ReplyDelete
  2. TERIMAKASIH, SANGAT BERMANFAAT UNTUK REFERENSI

    ReplyDelete