“RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN”
KEBUTUHANKU
“MINUMAN
SEHAT”
DISUSUN
OLEH :
VINNA PATRIANA, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : TK Srijaya Negara
Tema/Sub-tema : Kebutuhan / Minuman Sehat (Susu)
Kelompok Usia : 5 - 6 Tahun
Kelas/Semester : B / 1 (Ganjil)
Hari/Tanggal : Kamis / 09 Juni 2016
Alokasi Waktu : 08.00 WIB - 10.00 WIB (120 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
KI-1 Menerima ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin
tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin,
mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri,
tanggungjawab, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan
teman.
KI-3 Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik,
lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni,
dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat,
mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya;
mengumpulkan informasi; menalar, dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain.
KI-4 Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan
melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencermin kan perilaku anak berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
1.2. Menghargai diri sendiri orang lain, dan lingkungan sebagai rasa
syukur kepada Tuhan.
2.12. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
tanggung jawab.
3.6. Mengenal benda-benda disekitarnya (nama,
warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, v suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya).
4.3. Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus.
4.5. Menyelesaikan masalah sehari-hari secara
kreatif
4.8. Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan
alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar,
bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh.
INDIKATOR
· Nilai
Agama dan Moral
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan.
· Sosial
Emosional
Menyusun
kembali alat-alat yang digunakan setelah membuat Susu secara bersama-sama.
· Bahasa
Menjelaskan
ciri-ciri dari minuman sehat (Air Putih, Susu, dan Teh).
· Kognitif
Memasangkan
gambar minuman sehat (Jus, Air Kelapa, Jamu, Madu ) dengan angka pasangannya
yang sesuai.
· Fisik
Motorik
Mencampur
bahan-bahan saat membuat Susu Jelly.
· Seni
Mewarnai gambar “Gelas minuman”
D.
TUJUAN
·
Nilai Agama dan Moral
Dengan membaca doa sebelum
dan sesudah kegiatan, anak dapat membaca doa sebelum dan sesudah kegiatan
dengan benar.
· Sosial
Emosional
Dengan
menyusun
kembali alat-alat yang digunakan saat membuat Susu secara bersama-sama, anak dapat menunjukkan
sikap tanggung jawab.
·
Bahasa
Dengan
mendengarkan cerita dari guru tentang masing-masing ciri minuman sehat (Teh,
Air Putih dan Susu), anak dapat menceritakan kembali masing-masing ciri minuman
sehat (Teh, Air Putih dan Susu) dengan tepat.
·
Kognitif
Dengan
menghitung gambar minuman sehat (Jus, Air Kelapa, Jamu, Madu ), anak dapat
memasangkan gambar minuman sehat dengan lambang bilangannya dengan benar.
·
Fisik Motorik
Dengan mencampur
bahan-bahan saat membuat susu, anak dapat membuat minuman sehat Susu Jelly.
· Seni
Dengan mewarnai gambar “Gelas
minuman”, anak dapat mewarnai gambar dengan rapi.
F.
PENDEKATAN, MODELM DAN METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran
: Berbasis masalah, berbasis proyek
3.
Metode : Ceramah, pemberian tugas, diskusi kelompok (groupwork), tanya jawab.
G.
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
·
Kegiatan
awal (20 Menit)
−
Guru menyiapkan alat peraga untuk
pembelajaran hari ini
−
Bel masuk berbunyi, anak-anak baris di
depan kelas
−
Bernyanyi “Neng-neng” dan bersalaman
dengan guru sebelum masuk kelas
− Doa sebelum memulai belajar (Robbii zidnii ‘ilma warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minasha-shaalihiin) artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, dan
berilaku aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk
golongannya orang-orang yang saleh”.
−
Guru mengecek kehadiran siswa
Apersepsi
Siapa
yang tadi pagi sebelum berangkat sekolah sarapan dulu?
Sarapan
apa yah?
Setelah
sarapan agar anak-anak tidak haus, anak anak ngapain yah setelah makan?
Minum
apa saja tadi pagi?
−
Guru mengajak anak menyanyikan lagu
“Suka Minum Susu”
−
Guru menuliskan hari, tanggal dan tahun,
serta tema yang akan disampaikan
−
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Kegiatan
inti (60 menit)
−
Guru menunjukkan gambar minuman
sehat(Jus, Air Kelapa, Jamu, Madu ))
−
Guru mengajak anak untuk menghitung
jumlah masing-masing gelas minuman sehat
−
Anak bersama-sama menghitung jumlah
masing-masing gelas minuman sehat
−
Guru menunjukkan minuman sehat lainnya
(Air Putih, Susu, dan Teh)
−
Guru mengajak anak untuk mengamati Air
Putih, Susu, dan Teh
−
Guru menjelaskan masing-masing manfaat
minuman sehat
−
Guru mempersilahkan anak untuk maju ke
depan kelas untuk menjelaskan ciri-ciri masing-masing minuman sehat (Air Putih,
Susu, dan Teh)
−
Guru mengajak anak membuat minuman susu
jelly secara berkelompok
−
Anak membentuk kelompok dan mengikuti
arahan guru untuk membuat Susu Jelly
Cara Membuat Susu
Jelly
·
Siapkan gelas dan susu kental manis yang telah
di buka dari kalengnya
·
Masukkan 5 sendok susu rasa vanila pada gelas
·
Tuangkan air secukupnya
·
Aduk secara merata hingga semua bagian tercampur
menggunakan sendok
·
Masukkan potongan jelly yang telah disiapkan
·
Aduk kembali hingga merata
|
−
Anak membuat minuman Susu Jelly dalam pengawasan guru
−
Setelah selesai membuat susu anak
dipersilahkan untuk meminum Susu Jelly
−
Guru mengajak anak untuk menyusun
kembali alat-alat yang digunakan saat membuat susu
−
Guru mempersilahkan anak untuk
menceritakan pengalaman membuat susu ke depan kelas
−
Guru memberi penguatan
−
Guru memberikan lembaran lkpd mewarnai
gambar “Gelas minuman”
·
Istirahat
(30 menit)
−
Anak mencuci tangan
−
Berdoa sebelum makan
−
Makan bersama
−
Bermain
·
Penutup
(10 menit)
− Guru
bertanya jawab dengan anak tentang pelajaran yang telah diberikan
− Guru
merangkum dan mengembangkan materi pembelajaran
− Guru
memberi kesempatan untuk bertanya kepada anak
− Guru
mengevalusi pembelajaran
− Guru
memberikan tindak lanjut
|
Berdoa mau pulang
− Bernyanyi
− Salam
− Persiapan
pulang
H.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media
·
Gambar
Macam-Macam Minuman
·
Minuman sehat
(Air Putih, Susu, dan Teh)
Alat dan bahan
· Gelas
· Sendok
· Pipet
· Susu
Kaleng rasa vanila
· Nutrijell
· Air
Sumber
·
Permendikbud No. 146 Tahun 2014 tentang
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
·
Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
I.
EVALUASI
dan PENILAIAN
Prosedur
penilaian : - Pretes (tidak
dilaksanakan)
- Proses
- Postes
Jenis penilaian : - tes lisan
-
tes perbuatan
Bentuk penilaian : - Catatan menyeluruh
Alat Penilaian (catatan anekdot)
BAHAN AJAR
A.
LAGU
Lagu
“Suka Minum Susu”
Karya
: Kak Zepe
GIGI SEHAT, TULANG KUAT
KARENA MINUM SUSU
TUBUH SEGAR, OTAK PINTAR
KARENA MINUM SUSU
RASA STROWBERRY, VANILA,
SEMUA AKU SUKA
SETIAP HARI
KU MINUM SUSU
TAK PERNAH LUPA
B.
URAIAN
MATERI
Minuman sehat adalah sejenis zat yang berbentuk cair yang memiliki
kandungan optimal yang baik, jernih, yang tidak mengandung bahan kimia
berbahaya.
Air Putih
Air Putih
adalah minuman yang murah meriah, bergizi,
simple, tidak berasa, juga nikmat.
Manfaat Air Putih
·
Memperlancar
sistem pencernaan.
·
Menghilangkan
dehidrasi / haus.
·
Membuat
tubuh lebih berenergi.
·
Menyehatkan
jantung.
·
Membuat tubuh lebih bugar
Ciri-ciri Air Putih
·
Jernih
·
Bersih
·
Tidak
berbau
·
Tidak
berasa
·
Tidak
berwarna
·
Biasanya
dimasak terlebih dahulu
Susu
Susu adalah cairan
bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia , salah satunya manusia. Susu adalah
sumber gizi
utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Adapula susu
yang dihasilkan oleh binatang ternak, misalnya sapi,
kerbau, kambing dan ada pula yang mempergunakan air susu unta atau kuda.
Manfaat Susu
·
Menguatkan tulang dan gigi.
·
Membantu pertumbuhan anak.
·
Memberikan energi pada tubuh.
·
Meningkatkan kecerdasan.
·
Dapat meningkatkan pertumbuhan otak.
Ciri-ciri susu
·
Berasal
dari mamae dan hewan
·
Mempunyai
rasa manis
·
Mempunyai
warna putih, serta pink
·
Mempunyai
berbagai varian rasa (vanila, coklat, dan strowberry)
Teh
Teh
adalah
minuman yang dihasilkan dari pengolahan daun teh
yang di fermentasi (proses oksidasi)
yang di bantu oleh oksigen yang ada di udara
Manfaat
Teh
· Meningkatkan kesehatan gigi.
· Meningkatkan pertumbuhan tubuh.
· Melindungi tulang.
· Menghilangkan stres
Ciri-Ciri Teh
· Berwarna kuning kecoklatan.
Hai Gan... Artikel Yang Sangat Bagus dan Memberikan Informasi Yang Bermanfaat..^^
ReplyDeleteTerima Kasih^^
Dan Mohon Untuk Izin Comment yah Gan^^
Bandar Togel Online & Darat
- Bonus New Member 20%
- Bonus Harian 5%
- Maks Bonus Rp 25.000
- TANPA BATASAN LINE
- CashBack 5%
- Referral 1%
- Link ALT : ebototo.xyz
WA : +6283175557499
Dilengkapi Dengan Berbagai Transaksi :
- BCA
- BRI
- BNI
- MANDIRI
- CIMB
- PERMATA BANK
- GOPAY
- OVO
- PULSA TELKOMSEL
- PULSA XL
prediksi togel
prediksi togel singapore
prediksi togel hongkong
prediksi togel sydney
prediksi togel hari ini
keluaran togel hari ini
TERIMAKASIH, SANGAT BERMANFAAT UNTUK REFERENSI
ReplyDelete