LINGKUNGAN
“LINGKUNGAN KELUARGA”
DISUSUN
OLEH :
VINNA
PATRIANA, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : TK Srijaya Negara
Tema/Sub-tema : Lingkungan / Keluarga
Kelompok Usia : 4 - 5 Tahun
Kelas/Semester : A / 1 (Ganjil)
Hari/Tanggal : Kamis / 09 Juni 2016
Alokasi Waktu : 08.00 WIB - 10.00 WIB (120 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
KI-1 Menerima ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin
tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin,
mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri,
tanggungjawab, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan
teman
KI-3 Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik,
lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni,
dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat,
mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya;
mengumpulkan informasi; menalar, dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
KI-4 Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan
melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencermin kan perilaku anak berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
1.2. Menghargai diri sendiri orang lain, dan lingkungan sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
2.8.
Memiliki perilaku yang mencerminkan
kemandirian
3.7.
Mengenal berbagai karya dan aktivitas
seni
4.3.
Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
4.5.
Menyelesaikan masalah sehari-hari
secara kreatif
4.8.
Menyajikan berbagai karya yang
berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman,
cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh
INDIKATOR
· Nilai
Agama dan Moral
Membaca
doa kedua orang tua.
· Sosial
Emosional
Bermain peran dengan tema “Keluarga
ku”.
· Bahasa
Menceritakan
tugas masing-masing anggota keluarga.
· Kognitif
Meghitung
jumlah anggota keluarga.
· Fisik
Motorik
Menempel kolase gambar
kakak dan adik.
· Seni
Menyanyikan lagu “Bunda Piara”.
D.
TUJUAN
· Nilai
Agama dan Moral
Dengan
mendemonstrasikan tentang bagaimana cara mendo’akan orangtua dengan baik, anak
dapat membacakan doa orang tua dengan benar.
·
Sosial Emosional
Dengan bermain peran
dengan tema “Keluarga ku”, anak dapat berinteraksi dengan teman lainnya.
·
Bahasa
Dengan
mencengarkan cerita dari guru tentang tugas masing-masing anggota keluarga,
anak dapat menceritakan kembali tugas masing-masing anggota keluarga dengan
tepat.
·
Kognitif
Dengan
menghitung jumlah anggota keluarga, anak dapat berhitung dengan baik.
· Fisik
Motorik
Dengan
menempel gambar kolase gambar kakak dan adik , anak dapat menempel dengan rapi.
· Seni
Dengan menyanyikan lagu “Bunda
Piara”, anak dapat mengekspresikan perasaannya.
F.
PENDEKATAN, MODELM DAN METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran
: Berbasis masalah, berbasis proyek
3.
Metode : Ceramah, pemberian tugas, diskusi kelompok (groupwork), tanya jawab.
G.
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
·
Kegiatan
awal (20 Menit)
−
Guru menyiapkan alat peraga untuk
pembelajaran hari ini
−
Bel masuk berbunyi, anak-anak baris di
depan kelas
−
Bernyanyi “neng-neng” dan bersalaman
dengan guru sebelum masuk kelas
−
Berdoa dan dan membaca surat-surat pendek
−
Guru mengecek kehadiran siswa
Apersepsi
−
Guru mengajak anak menyanyikan lagu
“Bunda Piara”
−
Guru menuliskan hari, tanggal dan tahun,
serta tema yang akan disampaikan
−
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Kegiatan
inti (60 menit)
−
Guru menunjukkan beberapa gambar anggota
keluarga
−
Anak mengamati gambar anggota keluarga
−
−
ROBBI
FIRLI WALIWALIDAYA WARHAMHUMA KAMA ROBBAYANI SOGHIRO
−
Artinya: “Wahai Tuhanku,
ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku
diwaktu kecil
|
Guru mengajak anak untuk membaca doa kedua orang tua
− Anak membaca doa kedua orang tua secara
berulang
−
Guru mempersilahkan anak maju ke depan kelas
untuk mempraktekkan membaca doa kedua orang tua
−
Guru menunjukkan gambar anggota keluarga
−
Guru mengajak anak mengenali tugas
masing-masing anggota keluarga yaitu :
Ayah menjadi kepala
keluarga, bekerja (mencari nafkah), menjadi contoh dan tauladan bagi istri dan
anak-anak nya, pendidik,
pelindung dan pemberi rasa aman
Ibu mengurus rumah,
menyiapkan makan, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung.
anak membantu orang tua dan
belajar
−
Guru meminta anak untuk menceritakan
kembali masing-masing tugas anggota keluarga
−
Guru memberikan lkpd menghitung jumlah
anggota keluarga
−
Guru mengajak anak bermain peran dengan
tema “Keluarga Ku”
−
Anak memilih sendiri peran apa yang
ingin dimainkannya
−
Anak memakai perlengkapan untuk
menunjang perannya masing-masing (Seperti Ayah memakai sarung, kumis, peci.
Sedangkan ibu memakai daster)
−
Anak di arahkan oleh guru terlebih
dahulu mengenai tugas nya masing-masing
−
Anak mendengarkan alur cerita yang telah
di siapkan oleh guru
−
Anak bersama-sama memulai bermain peran
−
Guru memberikan lkpd menempel kolase
gambar kakak dan adik
−
Anak menempel kolase gambar ayah dan ibu
secara berkelompok
−
Anak memperhatikan dan mendengarkan
perintah guru
−
Guru mempersilahkan anak untuk mengerjakannya
hingga selesai.
−
Guru memberi penguatan
·
Istirahat
(30 menit)
−
Anak mencuci tangan
−
Berdoa sebelum makan
−
Makan bersama
−
Bermain
·
Penutup
(10 menit)
− Guru
bertanya jawab dengan anak tentang pelajaran yang telah diberikan
− Guru
merangkum dan mengembangkan materi pembelajaran
− Guru
memberi kesempatan untuk bertanya kepada anak
− Guru
mengevalusi pembelajaran
− Guru
memberikan tindak lanjut
− Berdoa
mau pulang
− Bernyanyi
− Salam
− Persiapan
pulang
H.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media
·
Gambar anggota keluarga
·
Laptop
·
Proyektor
·
Handphone /
radio
Alat dan bahan
-
Gunting -
Bantal
-
Origami -
Selimut
-
Lem -
Piring
-
Pensil -
Cangkir
-
Baju daster - Spatula
-
Sarung
-
Kumis
Sumber
·
Permendikbud No. 146 Tahun 2014 tentang
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
·
Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
I.
EVALUASI
dan PENILAIAN
Prosedur
penilaian : - Pretes (tidak
dilaksanakan)
- Proses
- Postes
Jenis penilaian : - tes lisan
-
tes perbuatan
Bentuk penilaian : - Catatan menyeluruh
Alat Penilaian (catatan anekdot)
No comments:
Post a Comment