Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Vinna Patriana Salam Literasi Diagonal Select - Hello Kitty 2

Friday, November 23, 2018

RPP PAUD Tema Lingkungan Sub Tema Lingkungan Keluarga

LINGKUNGAN

LINGKUNGAN KELUARGA

DISUSUN OLEH :
VINNA PATRIANA, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : TK Srijaya Negara
Tema/Sub-tema           : Lingkungan / Keluarga
Kelompok Usia           : 4 - 5 Tahun
Kelas/Semester            : A / 1 (Ganjil)
Hari/Tanggal               : Kamis / 09 Juni 2016
Alokasi Waktu            : 08.00 WIB - 10.00 WIB (120 menit)

A. KOMPETENSI INTI

KI-1    Menerima ajaran agama yang dianutnya
KI-2    Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri,                   disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain,                mampu menyesuaikan diri, tanggungjawab, jujur, rendah hati dan santun dalam                         berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman
KI-3    Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi,                seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara:               mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);               menanya; mengumpulkan informasi; menalar, dan mengomunikasikan melalui                         kegiatan bermain
KI-4    Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencermin kan perilaku anak berakhlak mulia

B. KOMPETENSI DASAR
1.2.      Menghargai diri sendiri orang lain, dan lingkungan sebagai rasa syukur kepada       Tuhan
2.8.      Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
3.7.      Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.3.      Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
4.5.      Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
4.8.      Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan,     tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bercerita,     bernyanyi, dan gerak tubuh

INDIKATOR
·      Nilai Agama dan Moral
Membaca doa kedua orang tua.
·      Sosial Emosional
Bermain peran dengan tema “Keluarga ku”.
·      Bahasa
Menceritakan tugas masing-masing anggota keluarga.
·      Kognitif
Meghitung jumlah anggota keluarga.
·      Fisik Motorik
Menempel kolase gambar kakak dan adik.
·      Seni
Menyanyikan lagu “Bunda Piara”.

D. TUJUAN
·      Nilai Agama dan Moral
Dengan mendemonstrasikan tentang bagaimana cara mendo’akan orangtua dengan baik, anak dapat membacakan doa orang tua dengan benar.
·      Sosial Emosional
Dengan bermain peran dengan tema “Keluarga ku”, anak dapat berinteraksi dengan teman lainnya.
·      Bahasa
Dengan mencengarkan cerita dari guru tentang tugas masing-masing anggota keluarga, anak dapat menceritakan kembali tugas masing-masing anggota keluarga dengan tepat.
·      Kognitif
Dengan menghitung jumlah anggota keluarga, anak dapat berhitung dengan baik.
·      Fisik Motorik
Dengan menempel gambar kolase gambar kakak dan adik , anak dapat menempel dengan rapi.
·      Seni
Dengan menyanyikan lagu “Bunda Piara”, anak dapat mengekspresikan perasaannya.


F.     PENDEKATAN, MODELM DAN METODE PEMBELAJARAN

1.      Pendekatan : Saintifik
2.      Model Pembelajaran : Berbasis masalah, berbasis proyek
3.      Metode  : Ceramah, pemberian tugas, diskusi kelompok (groupwork),  tanya jawab.

G. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

·         Kegiatan awal (20 Menit)

        Guru menyiapkan alat peraga untuk pembelajaran hari ini
        Bel masuk berbunyi, anak-anak baris di depan kelas
        Bernyanyi “neng-neng” dan bersalaman dengan guru sebelum masuk kelas
        Berdoa dan dan membaca surat-surat pendek
        Guru mengecek  kehadiran siswa
Apersepsi
        Guru mengajak anak menyanyikan lagu “Bunda Piara”
        Guru menuliskan hari, tanggal dan tahun, serta tema yang akan disampaikan
        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Kegiatan inti (60 menit)
        Guru menunjukkan beberapa gambar anggota keluarga
        Anak mengamati gambar anggota keluarga



 Doa untuk kedua orangtua
  
        ROBBI FIRLI WALIWALIDAYA WARHAMHUMA KAMA ROBBAYANI SOGHIRO
        Artinya: Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil

Guru mengajak anak untuk membaca doa kedua orang tua
         Anak membaca doa kedua orang tua secara berulang
        Guru mempersilahkan anak maju ke depan kelas untuk mempraktekkan membaca doa kedua orang tua
        Guru menunjukkan gambar anggota keluarga
        Guru mengajak anak mengenali tugas masing-masing anggota keluarga yaitu :
Ayah menjadi kepala keluarga, bekerja (mencari nafkah), menjadi contoh dan tauladan bagi istri dan anak-anak nya, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman
Ibu mengurus rumah, menyiapkan makan, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung.
anak membantu orang tua dan belajar
        Guru meminta anak untuk menceritakan kembali masing-masing tugas anggota keluarga
        Guru memberikan lkpd menghitung jumlah anggota keluarga
        Guru mengajak anak bermain peran dengan tema “Keluarga Ku”
        Anak memilih sendiri peran apa yang ingin dimainkannya
        Anak memakai perlengkapan untuk menunjang perannya masing-masing (Seperti Ayah memakai sarung, kumis, peci. Sedangkan ibu memakai daster)
        Anak di arahkan oleh guru terlebih dahulu mengenai tugas nya masing-masing
        Anak mendengarkan alur cerita yang telah di siapkan oleh guru
        Anak bersama-sama memulai bermain peran
        Guru memberikan lkpd menempel kolase gambar kakak dan adik
        Anak menempel kolase gambar ayah dan ibu secara berkelompok
        Anak memperhatikan dan mendengarkan perintah guru
        Guru mempersilahkan anak untuk mengerjakannya hingga selesai.
        Guru memberi penguatan

·         Istirahat (30 menit)
        Anak mencuci tangan
        Berdoa sebelum makan
        Makan bersama
        Bermain
·         Penutup (10 menit)
     Guru bertanya jawab dengan anak tentang pelajaran yang telah diberikan
     Guru merangkum dan mengembangkan materi pembelajaran
     Guru memberi kesempatan untuk bertanya kepada anak
     Guru mengevalusi pembelajaran
     Guru memberikan tindak lanjut
     Berdoa mau pulang
     Bernyanyi
     Salam
     Persiapan pulang

H. MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR

Media

·         Gambar anggota keluarga
·         Laptop
·         Proyektor
·         Handphone / radio

Alat dan bahan
-          Gunting            - Bantal
-          Origami            - Selimut
-          Lem                  - Piring
-          Pensil                - Cangkir
-          Baju daster       - Spatula
-          Sarung
-          Kumis

Sumber
·         www.google.com
·         Permendikbud No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
·           Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

I.                   EVALUASI dan PENILAIAN

      Prosedur penilaian       : - Pretes (tidak dilaksanakan)
  - Proses
  - Postes
 Jenis penilaian            : - tes lisan
        - tes perbuatan
Bentuk penilaian         : - Catatan menyeluruh
Alat Penilaian (catatan anekdot)





No comments:

Post a Comment