Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Vinna Patriana Salam Literasi Diagonal Select - Hello Kitty 2

Monday, November 26, 2018

RPP PAUD Tema Kendaraan Sub Tema Kendaraan di darat (BECAK)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN

DISUSUN OLEH VINNA PATRIANA, S.Pd


Satuan Guruan              : PAUD Terpadu Bon Thorif Palembang
Kelompok/ Semester     : B/II
Tema/Subtema              : Kendaraan / Kendaraan di Darat (Becak)
Hari/Tanggal                 : Selasa, 09 Mei 2017
Alokasi Waktu              : 180 menit

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman.
3.      Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik , lingkungan sekitar , agama, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain.
4.      Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.


B.   Kompetensi Dasar
1.1     Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa  syukur kepada Tuhan.
2.10 Memiliki perlilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran  kepada orang lain.
4.5. Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif.
4.6. Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya.
4.3     Menggunakan anggota tubuh untuk mengembangkan motorik kasar dan halus.    
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai      media.
            
C.   Indikator
-          Nilai Agama dan Moral (K3)
Membaca doa naik kendaraan darat sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
-          Bahasa (K4)
Menceritakan fungsi masing-masing bagian becak.
-          Kognitif (K3)
Menghitung jumlah uang saat bermain peran (Naik Becak)
-          Sosial Emosional (K2)
Mendengarkan teman ketika menjelaskan di depan kelas.
-          Fisik Motorik (K4)
Mengikuti gerak dan lagu “Naik Becak”.
-          Seni (K4)
Mewarnai gambar becak.

D.     Tujuan Pembelajaran
-          Nilai Agama dan Moral (K3)
Dengan contoh guru membaca doa naik kendaraan darat, anak dapat membaca doa naik kendaraan darat sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
-          Bahasa (K4)
Dengan melalui penejelasan guru fungsi dari bagian-bagian becak, anak dapat menceritakan kembali fungsi bagian-bagian becak di depan kelas.
-          Kognitif (K3)
Dengan menghitung jumlah uang saat bermain peran naik becak, anak dapat terampil menjumlahkan uang.
-          Sosial Emosioanl (K2)
Dengan mendengarkan teman yang sedang menjelaskan, anak dapat menghargai teman.
-          Fisik Motorik (K4)
Dengan melakukan kegiatan gerak dan lagu “Naik Becak”, anak dapat menggerakkan anggota tubuhnya untuk melatih kecerdasan kinestetiknya.
-          Seni (K4)
Dengan mewarnai gambar becak, anak dapat mewarnai gambar becak yang sesuai kreasi anak itu sendiri.

F.    Pendekatan, Model, dan Metode pembelajaran
1.    Pendekatan                  : Saintifik
2.    Model Pembelajaran    : Klasikal
3.    Metode                        : Ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
I. KegiatanAwal (45 menit)
·         Anak berbaris di depan kelas dan menyanyikan lagu sebelum masuk kelas.
·         Anak masuk ke dalam kelas dan masuk di sentra agama. Berdoa membaca surat-surat pendek, membaca hadist dan menyanyikan lagu-lagu islami.
·         Anak masuk ke kelas guru mengecek kehadiran anak.
·         Membaca abjad, berhitung 1-50, dan membaca kata.
·         Guru mengecek kehadiaran anak
·         Apersepsi
·         Guru mengajak anak menyanyikan lagu “Naik Becak”?
·         Motivasi
·         Guru bertanya kepada anak “Siapa yang sudah pernah naik becak?”
·         Guru menuliskan tanggal, hari, dan bulan dan tahun di papan tulis.
·         Guru menyampaikan tema pelajaran
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

II. Kegiatan Inti (60 menit)
·         Anak mengamati gambar yang telah disediakan dan guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya atau menyampaikan pendapat pada alat dan bahan yang ditampilkan.
·         Anak bertanya fungsi masing-masing bagian becak.
·         Guru menjelaskan fungsi masing-masing bagian becak.
·         Anak menceritakan kembali fungsi masing-masing bagian becak di depan kelas.
·         Guru mengajak anak bermain peran, ada yang sebagai tukang becak dan ada yang sebagai penumpang. Kemudian setelah sampai tujuan penumpang membayar kepada tukang becak.
·         Guru mengajak anak ke luar ruang kelas untuk melakukan gerakan lagu “Naik Becak” bagian pertama hingga ketiga.
·         Anak-anak kemudian mencoba melakukan gerakan “Naik becak” bagian pertama hingga ketiga, hingga diulang sebanyak 3 kali.
·         Setelah selesai guru mengevaluasi gerakan lagu “Naik becak”.
·         Guru memberikan reward kepada anak yang gerakannya baik.

III. Istirahat (bermain, makan) 45 menit
·         Doa sebelum makan dan doa masuk kamar mandi
·         Mencuci tangan
·         Makan, dan doa sesudah makan
·         Anak-anak bermain di dalam dan di luar kelas

IV. Kegiatan Akhir (30 Menit)
·         Evaluasi : Bercakap cakap dan bercerita tentang kegiatan yang telah dilakukan selama satu hari.
·         Bernyanyi
·         Berdoa
·         Salam
·         Pulang

H.   Media, Alat dan Bahan, serta Sumber Pembelajaran
1.      Media              : Gambar Becak
2.      Alat dan bahan : Krayon, pola gambar Becak
3.      Sumber            :
Permendikbud No.147 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
http://google.com (gambar-gambar bagian-bagian becak)

I.    Penilaian
Prosedur penilaian :  Proses
     Postes
Jenispenilaian          : Observasi
                                          Tes lisan
      Tes perbuatan
       Bentuk penilaian     : Pemberian tugas, tanya jawab, unjuk kerja
       Alat Penilaian (soal)


No comments:

Post a Comment