RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
DISUSUN OLEH VINNA PATRIANA, S.Pd
Satuan Guruan : PAUD Terpadu Bon Thorif Palembang
Kelompok/ Semester :
B/II
Tema/Subtema : Kendaraan / Kendaraan di Darat (Becak)
Hari/Tanggal : Selasa, 09
Mei 2017
Alokasi
Waktu : 180 menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima
ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri,
disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain,
mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi
dengan keluarga, pendidik, dan teman.
3. Mengenali
diri, keluarga, teman, pendidik , lingkungan sekitar , agama, teknologi, seni,
dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati
dengan indera (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya;
mengumpulkan informasi; menalar; dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain.
4. Menunjukkan
yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
2.10 Memiliki perlilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan
toleran kepada orang lain.
4.5.
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif.
4.6. Menyampaikan tentang
apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya.
4.3 Menggunakan
anggota tubuh untuk mengembangkan motorik kasar dan halus.
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni
dengan menggunakan berbagai media.
C. Indikator
-
Nilai
Agama dan Moral (K3)
Membaca doa naik kendaraan darat sebagai rasa
syukur kepada Tuhan.
-
Bahasa
(K4)
Menceritakan
fungsi masing-masing bagian becak.
-
Kognitif
(K3)
Menghitung
jumlah uang saat bermain peran (Naik Becak)
-
Sosial
Emosional (K2)
Mendengarkan teman ketika menjelaskan di depan
kelas.
-
Fisik
Motorik (K4)
Mengikuti gerak dan lagu “Naik Becak”.
-
Seni
(K4)
Mewarnai gambar becak.
D. Tujuan
Pembelajaran
-
Nilai
Agama dan Moral (K3)
Dengan contoh guru membaca doa naik kendaraan
darat, anak dapat membaca doa naik kendaraan darat sebagai rasa syukur kepada
Tuhan.
-
Bahasa
(K4)
Dengan melalui penejelasan guru fungsi dari
bagian-bagian becak, anak dapat menceritakan kembali fungsi bagian-bagian becak
di depan kelas.
-
Kognitif
(K3)
Dengan menghitung jumlah uang saat bermain
peran naik becak, anak dapat terampil menjumlahkan uang.
-
Sosial
Emosioanl (K2)
Dengan mendengarkan teman yang sedang menjelaskan,
anak dapat menghargai teman.
-
Fisik
Motorik (K4)
Dengan melakukan kegiatan gerak dan lagu “Naik
Becak”, anak dapat menggerakkan anggota tubuhnya untuk melatih kecerdasan
kinestetiknya.
-
Seni
(K4)
Dengan mewarnai gambar becak, anak dapat
mewarnai gambar becak yang sesuai kreasi anak itu sendiri.
F. Pendekatan, Model, dan Metode pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran : Klasikal
3.
Metode : Ceramah, pemberian tugas, tanya
jawab.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
I. KegiatanAwal (45
menit)
·
Anak berbaris di
depan kelas dan menyanyikan lagu sebelum masuk kelas.
·
Anak masuk ke
dalam kelas dan masuk di sentra agama. Berdoa membaca surat-surat pendek, membaca hadist dan menyanyikan
lagu-lagu islami.
·
Anak masuk ke
kelas guru mengecek kehadiran anak.
·
Membaca abjad,
berhitung 1-50, dan membaca kata.
·
Guru mengecek kehadiaran
anak
·
Apersepsi
·
Guru mengajak
anak menyanyikan lagu “Naik Becak”?
·
Motivasi
·
Guru bertanya
kepada anak “Siapa yang sudah pernah naik becak?”
·
Guru menuliskan
tanggal, hari, dan bulan dan tahun di papan tulis.
·
Guru
menyampaikan tema pelajaran
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
II.
Kegiatan Inti (60 menit)
·
Anak mengamati gambar yang
telah disediakan dan guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya atau
menyampaikan pendapat pada alat dan bahan yang ditampilkan.
·
Anak bertanya fungsi
masing-masing bagian becak.
·
Guru menjelaskan fungsi
masing-masing bagian becak.
·
Anak menceritakan kembali fungsi
masing-masing bagian becak di depan kelas.
·
Guru mengajak anak bermain peran, ada
yang sebagai tukang becak dan ada yang sebagai penumpang. Kemudian setelah
sampai tujuan penumpang membayar kepada tukang becak.
·
Guru mengajak anak ke luar ruang kelas
untuk melakukan gerakan lagu “Naik Becak” bagian pertama hingga ketiga.
·
Anak-anak
kemudian mencoba melakukan gerakan “Naik becak” bagian pertama hingga ketiga,
hingga diulang sebanyak 3 kali.
·
Setelah
selesai guru mengevaluasi gerakan lagu “Naik becak”.
·
Guru
memberikan reward kepada anak yang gerakannya baik.
III.
Istirahat (bermain, makan) 45 menit
·
Doa sebelum makan dan doa
masuk kamar mandi
·
Mencuci tangan
·
Makan, dan doa sesudah makan
·
Anak-anak bermain di dalam
dan di luar kelas
IV. Kegiatan Akhir (30
Menit)
·
Evaluasi : Bercakap cakap dan bercerita
tentang kegiatan yang telah dilakukan selama satu hari.
·
Bernyanyi
·
Berdoa
·
Salam
·
Pulang
H.
Media, Alat dan Bahan, serta Sumber Pembelajaran
1. Media : Gambar Becak
2. Alat dan
bahan : Krayon, pola gambar Becak
3. Sumber :
Permendikbud No.147 Tahun
2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
I. Penilaian
Prosedur penilaian : Proses
Postes
Jenispenilaian
: Observasi
Tes lisan
Tes perbuatan
Bentuk penilaian : Pemberian tugas, tanya
jawab, unjuk kerja
Alat Penilaian (soal)
No comments:
Post a Comment