Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Vinna Patriana Salam Literasi Diagonal Select - Hello Kitty 2

Saturday, September 28, 2019

RPP PAUD TEMA TANAMAN SUB TEMA TANAMAN HIAS ( MACAM-MACAM BUNGA)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

DISUSUN OLEH 
VINNA PATRIANA, S.Pd

Semester/Bulan/Minggu ke     : Genap/   April  /Kedua
Hari/tanggal                             : Sabtu     /    15 April   2017
Kelompok/Usia                        : B / 5-6 tahun
Tema/Subtema/Subsubtema    : Tanaman Hias / Macam-Macam Bunga


Kompetensi Inti
           1 .      KI-1 Menerima ajaran agama yang dianutnya.
          2.      KI-2 Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin,               mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujjur, rendah hati dan                     santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman.
3.  KI-3 Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni dan budaya di rumah, tempat bermain dan santunan PAUD dengan cara mengamati dengan indera.
4.  KI-4 Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktik dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
1.      Nilai Agama dan Moral
1.2  Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
2.      Fisik/Motorik
3.3  Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus.
4.3  Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus.
3.      Kognitif
3.6  Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, sura, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya).

4.      Bahasa
3.11    Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan nonverbal).
5.      Sosial Emosional
3.15 Menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan teman sebaya.
Indikator
1.      Nilai Agama dan Moral
Membaca doa sebelum melakukan kegiatan
2.      Kognitif
Mengklarifikasikan macam-macam bunga
3.      Bahasa
Menyebutkan macam-macam bunga
4.      Fisik Motorik
Melakukan kegiatan dengan Menggunakan media foam art untuk membuat bentuk – bentuk macam bunga
5.      Sosial Emosional
Berinterkasi dengan teman sebaya

Tujuan Pembelajaran
1.      Nilai Agama dan Moral
Dengan membaca doa sebelum melakukan kegiatan anak dapat terbiasa menerapkan kegiatan membaca doa sebelum melakukan kegiatan
2.      Kognitif
Dengan mengklarifikan macam-macam bunga anak dapat membedakan macam-macam bunga
3.      Bahasa
Dengan menyebutkan macam-macam bunga anak dapat menambahkan kosakata dibidang bunga.
4.      Fisik Motorik
Dengan melakukan kegiatan menggunakan media foam art “ membentuk. Menggunting, menempel bentuk “ anak dapat lebih terampil mengkoordinasikan gerakan mata, tangan dan jari-jari tangan.
5.      Sosial Emosioanal
Dengan melakukan kegiatan anak dapat berinteraksi dengan teman sebaya

Alat dan bahan
1.      Properti gambar bunga
2.      Gunting
3.      Lem
4.      Pensil
5.      Media Foam Art

Langkah-Langkah Kegiatan
Pembukaan
1.      Berbaris
2.      Bernyanyi
3.      Salam
4.      Berdoa
5.      Mengecek kehadiaran anak
6.      Menyampaikan hari dan tanggal
7.      Apresiasi tema
8.      Menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran.
9.      Tanya jawab mengenai macam-macam tanaman bunga

Kegiatan Inti
1.      Anak mengamati alat dan bahan yang telah disediakan
2.      Anak diberikan kesempatan anak untuk menyampaikan pendapat/pertanyaan tentang alat dan bahan yang ditampilkan.
3.      Guru menyampaikan materi tentang macam-macam tanaman (bunga) dan warna-warna bunga yang terdapat pada gambar yang mereka amati.
4.      Anak  menyebutkan satu persatu macan-macam bunga.
5.      Guru mendemontrasikan terlebih dulu kegiatan membuat bentu-bentuk bunga dari media foam art.
6.      Anak melakukan kegiatan dari media foam art dimulai dari membentuk pola bunga dengan warna-warni (merah kuning ungu) , pola berbentuk daun kemudian menggutingnya lalu menempel.
7.      Guru mengawasi anak selama dalam proses kegiatan
8.      Setelah selesai anak diminta anak maju kedepan kelas untuk bercerita tentang kegiatan membuat bentuk macam-macam bunga.
9.      Guru memberikan tepuk tangan kepada anak yang telah menyelesaikan kegiatan dengan baik
Penutup
1.      Menanyakan bagaimana perasaan anak tentang kegiatan hari ini
2.      Mendiskusikan kegiatan hari ini
3.      Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
4.      Berdoa setelah belajar bernyanyi
5.      Salam, pulang










               

No comments:

Post a Comment