RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
Semester/Bulan/Minggu
ke : Genap/ April
/Kedua
Hari/tanggal : Sabtu / 15 April 2017
Kelompok/Usia
: B / 5-6 tahun
Tema/Subtema/Subsubtema
: Tanaman Hias / Macam-Macam Bunga
Kompetensi Inti
1 .
KI-1 Menerima ajaran agama yang dianutnya.
2. KI-2
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri,
jujjur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik
dan/atau pengasuh, dan teman.
3. KI-3
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan
sekitar, teknologi, seni dan budaya di rumah, tempat bermain dan santunan PAUD
dengan cara mengamati dengan indera.
4. KI-4
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktik dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.
Kompetensi
Dasar
1.
Nilai Agama dan Moral
1.2 Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada
Tuhan.
2.
Fisik/Motorik
3.3 Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan
motorik halus.
4.3 Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus.
3. Kognitif
3.6 Mengenal
benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, sura,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya).
4. Bahasa
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa
secara verbal dan nonverbal).
5. Sosial
Emosional
3.15 Menunjukkan
kemampuan berinteraksi dengan teman sebaya.
Indikator
1.
Nilai
Agama dan Moral
Membaca doa sebelum melakukan kegiatan
2.
Kognitif
Mengklarifikasikan macam-macam bunga
3.
Bahasa
Menyebutkan macam-macam bunga
4. Fisik Motorik
Melakukan kegiatan dengan Menggunakan media
foam art untuk membuat bentuk –
bentuk macam bunga
5.
Sosial Emosional
Berinterkasi dengan teman sebaya
Tujuan Pembelajaran
1. Nilai Agama dan Moral
Dengan membaca doa sebelum melakukan kegiatan anak
dapat terbiasa menerapkan kegiatan membaca doa sebelum melakukan kegiatan
2. Kognitif
Dengan mengklarifikan macam-macam bunga anak dapat
membedakan macam-macam bunga
3. Bahasa
Dengan menyebutkan macam-macam bunga anak dapat
menambahkan kosakata dibidang bunga.
4. Fisik Motorik
Dengan melakukan kegiatan menggunakan media foam art “ membentuk. Menggunting,
menempel bentuk “ anak dapat lebih terampil mengkoordinasikan gerakan mata,
tangan dan jari-jari tangan.
5. Sosial Emosioanal
Dengan melakukan kegiatan anak dapat berinteraksi
dengan teman sebaya
Alat dan bahan
1.
Properti gambar bunga
2.
Gunting
3.
Lem
4.
Pensil
5.
Media Foam
Art
Langkah-Langkah Kegiatan
Pembukaan
1.
Berbaris
2.
Bernyanyi
3.
Salam
4.
Berdoa
5.
Mengecek kehadiaran anak
6.
Menyampaikan hari dan tanggal
7.
Apresiasi tema
8.
Menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran.
9.
Tanya jawab mengenai macam-macam tanaman bunga
Kegiatan Inti
1.
Anak mengamati alat dan bahan yang telah
disediakan
2.
Anak diberikan
kesempatan anak untuk menyampaikan pendapat/pertanyaan tentang alat dan bahan
yang ditampilkan.
3.
Guru menyampaikan materi tentang macam-macam tanaman (bunga) dan warna-warna
bunga yang terdapat pada gambar yang mereka amati.
4.
Anak menyebutkan satu persatu macan-macam
bunga.
5.
Guru mendemontrasikan terlebih dulu kegiatan
membuat bentu-bentuk bunga dari media foam
art.
6.
Anak
melakukan kegiatan dari media foam
art dimulai dari membentuk pola bunga dengan warna-warni (merah kuning ungu) , pola berbentuk daun
kemudian menggutingnya lalu
menempel.
7.
Guru mengawasi anak selama dalam proses kegiatan
8.
Setelah selesai anak diminta anak maju kedepan
kelas untuk bercerita tentang kegiatan membuat bentuk macam-macam bunga.
9.
Guru memberikan tepuk tangan kepada anak yang
telah menyelesaikan kegiatan dengan baik
Penutup
1.
Menanyakan bagaimana perasaan anak tentang
kegiatan hari ini
2.
Mendiskusikan kegiatan hari ini
3.
Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
4.
Berdoa setelah belajar bernyanyi
5.
Salam, pulang
No comments:
Post a Comment